Selasa, 21 Maret 2017

n ke tanah, mikroba tersebut akan berperan mengendalikan organisme patogen penyebab penyakit tanaman.Adapun klasifikasi dari jamur Trichoderma sp. adalah sebagai berikut (Dwidjoseputro, 2005).
Kingdom : Fungi
Divisio : Ascomycota
Subdivisio : Pezizomycotina
Kelas : Sordariomycetes
Ordo : Hypocreales
Family : Hypocreaceae
Genus : Trichoderma
Spesies : Trichoderma sp
Efective Microorganisme-4 (EM-4)
Efective Microorganisme-4 (EM-4) berisi sekitar 80 genus mikroorganisme fermentasi, diantaranya bakteri fotosintetik, Lactobacillus sp., Streptomyces sp., Actinomycetes, dan ragi. EM-4 merupakan kultur campuran dari mikroorganisme yang menguntungkan, berasal dari alam Indonesia asli, bermanfaat bagi kesuburan tanah maupun pertumbuhan dan produksi tanaman, serta ramah lingkungan. Mikroorganisme yang ditambahkan membantu memperbaiki kondisi biologis tanah dan dapat membantu proses penyerapan unsur hara (Marsono, 2002). Salah satu genus yang terkandung dalam bioaktivator EM-4 adalah Lactobacillus. Berikut adalah klasifikasi Lactobacillus (Dwidjoseputro, 2005).
Kingdom : Bacteria
Divisi : Firmmicutes
Kelas : Bacilli
Ordo : Lactobacillales
Famili : Lactobacillaceae
Genus : Lactubacillus
Spesies : Lactobacillus sp.
Stardec 
Stardec mengandung beberapa mikroba pengurai limbah, yaitu mikroba lignolitik, mikroba selulotik, mikroba proteolitik, mikroba lipolitik, mikroba aminolitik, dan mikroba fiksasi nitrogen non-simbiotik.
Fix-Up Plus
Fix-Up Plus mengandung sejumlah bahan makanan dari hormon alamiah yang dibutuhkan untuk pengembangbiakan dan pemenuhan aktivitas bakteri pengurai limbah dalam proses pengomposan.
Orgadec
Orgadec mengandung dua mikroba pengurai, yaitu Trichoderma pseudokoningii dan Cytophaga sp.
Bioaktivator Harmony
Pada dasarnya, bioaktivator harmony ada dua jenis yaitu harmony BS yang mengandung bakteri Bacillus subtilis, dan harmony P yang mengandung mikroba dan dapat memutuskan ikatan P didalam tanah. Dalam pembuatan kompos, kedua bioaktivator tersebut digunakan secara bersama-sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar